Rabu, Juli 09, 2008

Akhlak Kepada Tetangga
Penulis: Abdullah Gymnastiar (Aa Gym)

Beruntunglah bagi orang yang hidup bertetangga dengan orang yang berahlak baik, insya Allah walaupun rumah sempit kalau tetangganya baik menjadi lapang. Alangkah ruginya bagi orang yang hidupnya dikelilingi orang yang tidak berahiak baik, walaupun rumah lapang menjadi sempit.

Hikam:
Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukannya dengan sesuatu apapun dan berbuat baiklah kepada kedua ibu bapak, karib kerabat, anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat, tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.

Rasulullah bersabda:
“Barang siapa beriman kepada Allah dan han akhir hendaklah dia memuliakan tetangganya.” (HR. Muslim)

Kita tidak bisa memaksa orang lain untuk berbuat baik kepada kita, tetapi kita bisa memaksa diri kita untuk berbuat baik kepada orang lain. Kita tidak bisa mengharapkan tetangga sama dengan kita, karena adanya perbedaan bisa memperindah ahlak kita. Hak tetangga adalah bila dia sakit dikunjungi, bila wafat dihantarkan jenazahnya, bila dia mengalami kesulitan dibantu, aibnya dirahasiakan atau ditutupi, bila mengalami kebaikan kita mengucapkan turut bersuka cita, bila mengalami musibah kita ucapkan turut berduka cita, dan jangan halangi rumahnya dengan dinding, hingga angin tidak bisa masuk kedalam rumahnya. Dan jangan mengganggu dengan bau masakan kecuali kamu memberinya.

Alat ukur ibadah, bukan hanya pada waktu shalatnya saja, tetapi pada kehidupan sehari-hari, sesudah dan sebelum sholat. Kehidupan bertetangga harus dikemas menjadi ladang amal kita. Kedengkian kita kepada tetangga tidak akan mempengaruhi rizki tetangga, sebab yang membagikan rizki adalah Allah. Tidak termasuk orang yang beriman, jika perut kita kenyang sedangkan perut tetangga lapar. Semakin sayang tetangga kepada kita semakin bahagia hidup kita, jangan benci terhadap tetangga dan jangan menunggu apa yang diperbuat tetangga tetapi berbuatlah sesuatu untuk tetangga.

Tidak ada komentar: